Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 Oktober 2016

Tag:

Nvidia History




Greetings gamers brotherhood!

Para pengguna komputer pasti sudah familiar dengan perusahaan penyedia kartu grafis terbaik di dunia yang bernama Nvidia. Hampir sebagian besar laptop di dunia ini menggunakan Nvidia sebagai karu grafisnya. Tapi, bagaimana perkembangan Nvidia dari awal berdirinya hingga bisa berjaya saat ini? Kali ini kita akan membahasnya dalam artikel ini. So, let’s check it out!

Nvidia Corporation (sering disebut sebagai Nvidia, ditulis NVIDIA, nVIDIA atau nvidia) adalah perusahaan teknologi Amerika yang berbasis di Santa Clara, California. Nvidia desain graphics processing unit (GPU) untuk pasar game, serta sistem pada unit chip yang (SOC) untuk komputasi mobile dan pasar otomotif. lini produk GPU utama Nvidia, berlabel "GeForce", adalah dalam kompetisi langsung dengan produk Advanced Micro Devices (AMD) "Radeon". Nvidia memperluas kehadirannya di industri game dengan Portabel SHIELD genggam, SHIELD Tablet, dan SHIELD Android TV. Nama perusahaan berasal dari kata Invidia dalam mitologi Romawi ditujukan kepada Nemesis.

Pendiri dan Investasi Awal

Tiga orang mendirikan Nvidia pada April 1993.

• Jen-Hsun Huang (CEO pada 2013), Direktur Taiwan kelahiran Amerika, yang sebelumnya dari CoreWare di LSI Logic dan desainer mikroprosesor di Advanced Micro Devices (AMD).

• Chris Malachowsky, seorang insinyur listrik yang bekerja di Sun Microsystems.

• Curtis Priem, sebelumnya seorang senior staf insinyur dan chip grafis desainer di Sun Microsystems.
Para pendiri menerima dana modal ventura dari Sequoia Capital.

        Rilis  Besar dan Akuisisi

Musim gugur 1999 Nvidia merilis dari GeForce (NV10), terutama memperkenalkan transformasi on-board dan lampu (T & L) untuk hardware 3D tingkat konsumen. Berjalan pada 120 MHz dan menampilkan empat pipa pixel, itu dapat melaksanakan percepatan maju video, kompensasi gerak, dan hardware sub-gambar alpha blending. GeForce mengungguli produk yang sudah ada dengan margin yang cukup jauh.

Karena keberhasilan produk-produknya, Nvidia memenangkan kontrak untuk mengembangkan hardware grafis untuk konsol game Microsoft Xbox, yang diperoleh Nvidia muka $ 200 juta. Namun, proyek ini menarik banyak insinyur terbaik Nvidia jauh dari proyek-proyek lainnya. Dalam jangka pendek ini tidak masalah, dan GeForce2 GTS dikirimkan pada musim panas 2000.

Desember 2004 melihat pengumuman bahwa Nvidia akan membantu Sony dengan desain prosesor grafis (RSX) di PlayStation 3 konsol game. Pada bulan Maret 2006, terungkap bahwa Nvidia akan memberikan RSX untuk Sony sebagai inti IP, dan bahwa Sony sendiri akan mengatur pembuatan RSX. Berdasarkan perjanjian tersebut, Nvidia akan memberikan dukungan yang berkelanjutan untuk pelabuhan RSX untuk Beatles Sony pilihan (Sony dan Toshiba), serta mati menyusut ke 65 nm. Praktek ini kontras dengan pengaturan bisnis Nvidia dengan Microsoft, di mana Nvidia berhasil memproduksi dan mengirimkan Xbox GPU melalui kontrak pengecoran pihak ketiga yang biasa milik Nvidia. Sementara itu, Mei 2005 Microsoft memilih untuk lisensi desain oleh ATI dan membuat pengaturan manufaktur sendiri untuk perangkat keras grafis Xbox 360, seperti yang telah Nintendo lakukan untuk konsol Wii (yang berhasil membuat Nintendo GameCube berbasis ATI).

Pada bulan Desember 2006, Nvidia, bersama dengan saingan utama dalam industri grafis yaitu AMD (yang telah mengakuisisi ATI), menerima panggilan dari pengadilan dari Departemen Kehakiman AS mengenai kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis.

Pada bulan April 2009, pengadilan konsolidasian beberapa gugatan class action ke dalam satu kasus, berjudul The NVIDIA GPU Litigasi. Nvidia setuju untuk mengganti chip rusak di atau mengganti pembeli yang sudah dihabiskan untuk mendapatkan laptop mereka diperbaiki. Nvidia juga memberikan laptop pengganti untuk banyak pengguna sebagai pengganti membuat perbaikan. Penggantian dan pembayaran tidak dibuat sampai pemukiman diselesaikan pada tahun 2011. Pengguna diminta untuk menunjukkan bukti pembelian dan surat di laptop rusak aslinya. Chip yang hadir di sejumlah laptop Dell dan HP, serta dua model Apple MacBook Pro. Meskipun penyelesaian biaya Nvidia jutaan dolar, banyak orang tidak senang dengan pemukiman, dan beberapa situs dan blog tercermin ini. Website berjudul Pameran Nvidia Settlement adalah salah satu situs tersebut.

Pada tanggal 10 Januari, 2011 Nvidia menandatangani perjanjian lisensi silang enam tahun dengan Intel, menandai akhir dari semua sengketa hukum yang beredar di antara dua perusahaan tersebut. Menurut perjanjian tersebut, Intel setuju untuk membayar Nvidia $ 1,5 miliar pada biaya lisensi dalam lima tahun angsuran.

Pada tanggal 15 Februari, 2011 Nvidia mengumumkan dan menunjukkan prosesor quad-core pertama untuk perangkat mobile di Mobile World Congress di Barcelona. Diumumkan bahwa chip diharapkan untuk bekerjasama dengan banyak tablet yang akan dirilis pada semester kedua tahun 2011, dan chip, dijuluki Tegra 3, dirilis pada tanggal 9 November 2011.

Pada tanggal 19 Februari 2013, Nvidia mengumumkan Tegra 4i (codename "Project Grey"), terintegrasi 4G LTE prosesor mobile pertama, menampilkan 5 kali lebih banyak core GPU dari Tegra 3, dukungan HD 1080p, dan Nvidia Chimera Komputasi Fotografi Arsitektur.

Pada tanggal 6 Januari 2014, Nvidia memerkenalkan di ajang CES 2014, Tegra K1 mobile processor (codename "Logan"), yang berisi 192 core GPU dan Quad ARM Cortex-A15 MPCore R3 + low power companion core (32-bit) atau Dual-core Project Denver (64-bit). Pada Februari 2014, Nvidia mengklaim bahwa Tegra K1 performanya melebihi Xbox 360 dan PS3 hardware.         

Pada 1 Oktober 2015 Nvidia meluncurkan layanan permainan streaming berbasis cloud, GeForce NOW. Pemilik dari keluarga SHIELD dari perangkat game dapat bergabung dengan layanan streaming lebih dari 80 game PC sampai dengan resolusi 1080p dan 60fps.

Pada tanggal 6 Mei, 2016, Nvidia memperkenalkan di Dreamhack di Austin, Texas, GeForce GTX 1080 dan GTX 1070 dibangun di atas Nvidia's Pascal-architecture. Perusahaan juga meluncurkan fitur lainnya, termasuk Ansel, perangkat lunak baru untuk fotografi dalam game.


Sekian ulasan saya mengenai sejarah dari Nvidia dari awal mula berdiri hingga saat ini. Moga-moga dengan ulasan ini para pembaca dapat menambah ilmunya tentang dunia komputer ini. Masih banyak ilmu-ilmu komputer yang perlu kalian pelajari. So, keep spirit and keep study, guys! 

About Vidi

Blogger. Designer. Al-I'tishom Senior High School student. Member of Evenique and Feighters Generation. Language Division at Ma'had I'tishom Student Council. Leader of I'tishom English Club. Moslem.

1 komentar:

 

Facebook